Keistimewaan Teluk Kiluan

  • Pulau Kiluan Lampung

  • Pantai yang Bersih dan Indah

  • Dolphin Tour

  • Asyiknya Bermain di Laguna Gayau

  • Keindahan Sunset Teluk Kiluan

  • Keindahan Bawah Teluk Kiluan

  • Lumba Lumba Teluk Kiluan

Home » » Keistimewaan Teluk Kiluan

Keistimewaan Teluk Kiluan

Siapa yang tidak gemas melihat tingkah polah lumba-lumba yang lucu? Kalau travelers ingin melihat aksi lucu lumba-lumba di tengah laut lepas, tidak perlu jauh-jauh dan semahal ke Lovina di Bali. Lampung juga punya tempat wisata memesona di mana kamu bisa menyaksikan hewan lucu itu di habitat aslinya. Selain itu, kamu juga bisa menikmati keindahan pantai yang bersih dengan hamparan pasir putih lembut serta menyaksikan latar belakang perbukitan hijau yang membuat siapapun berdecak kagum.

Tempat itu adalah Teluk Kiluan, yang memang sudah populer di kalangan travelers selama beberapa tahun terakhir. Minimnya sarana dan prasarana di Teluk Kiluan tidak menyurutkan minat turis untuk menyambangi pantai indah ini.

Lalu, apa saja sih yang bisa dilakukan di Teluk Kiluan?

1. Dolphin
Salah satu keistimewaan Teluk Kiluan adalah atraksi lumba-lumba di laut lepas. Pasti banyak dari kita yang sudah melihat lumba-lumba, baik di kebun binatang, akuarium, atau bahkan dari film-film dokumenter. Tetapi saya yakin pasti belum banyak yang melihat lumba-lumba melesat dan menari di laut lepas di habitat asli mereka. Melihat lumba-lumba berenang riang di samping perahu Anda dan mereka dekat di samping perahu kita merupakan pengalaman yang sangat menyenangkan dan tidak akan pernah terlupakan. Anda bisa menikmati keindahan tarian lumba-lumba di Teluk Kiluan bersama kami. 

Di Teluk Kiluan dua jenis lumba-lumba. Spesies pertama adalah lumba-lumba hidung botol (Tursiops Truncatus) dengan badan lebih besar, berwarna abu-abu, dan pemalu. Spesies kedua adalah lumba-lumba paruh panjang (Stenella Longirostris) dengan tubuh lebih kecil dan senang melompat. Kawanan lumba-lumba liar menyelam bebas di bawah laut ditambah dengan pantai berpasir putih dengan latar belakang langit biru jernih merupakan destinasi utama Teluk Kiluan.  

Kedua jenis lumba-lumba itu cukup akrab dengan manusia. Lumba-lumba senang mendekati perahu atau kapal yang tengah melintas di laut. Dari jauh, sirip lumba-lumba itu mirip antena kapal selam. Setelah dekat, lumba-lumba pun berloncatan, bergantian menyelam, timbul tenggelam, hampir tidak ada jarak dengan perahu. Mereka seolah berlomba menunjukkan diri kepada manusia dan mudah disentuh. Lumba-lumba itu tampak sangat menggemaskan.


2. Laguna Gayau
Keistimewaan Teluk Kiluan lainya adalah Laguna Gayau atau Kolam Renang alami yang terletak di Balik Bukit Teluk Kiluan. Bagi para backpacker atau wisatawan sejati, jika bertandang ke destinasi Teluk Kiluan, singgahlah ke Laguna Gayau. Meski menjadi tujuan trip wisata ke-dua di Teluk Kiluan, namun destinasi ini tak kalah menarik. Bahkan, justru lebih menantang dan eksotik. Sebuah “kolam renang” raksasa berwarna biru, yang terbentuk oleh kontur alam bebatuan dan air di laut tersebut. 
Lubang batu karang tersebut, ukuran panjangnya tidak kurang dari lima meter. Percikan air laut dari dalam lubang yang mengenai muka dan badan saya, terasa mengobati rasa lelah dan penat. Sangat menyenangkan.Itu sebabnya, banyak wisatawan yang memanfaatkan percikan air tersebut untuk diabadikan sebagai background foto mereka. Dalam tiga kali jepretan kamera, foto dengan guyuran air tersebut menjadi menarik dan sensasi saat diunggah di jejaring social. 

3. Pulau Kelapa
Pulau Kelapa atau dikenal pula sebagai Pulau Kiluan adalah destinasi lain di Teluk Kiluan yang kerap menjadi tujuan utama lainnya saat datang ke teluk tersebut. Di pulau yang  luasnya hanya sekira 6 hektar ini, Anda dapat menikmati keindahan sebuah pulau kecil di tengah teluk.
Perjalanan menuju pulau ini hanya memakan waktu 10-15 menit dengan menumpang jukung dari Desa Kiluan Negeri.


4. Snorkeling
Spot snorkeling terbaik di tempat ini ada di salah satu “halaman depan” sebuah homestay di seberang Pulau kelapa, sekitar 15 menit berperahu dari Teluk Kiluan. Lokasi spot snorkeling ini tak jauh dari pantai yaitu di Pulau Kelapa, dengan berbagai jenis ikan hias yang menarik dan juga banyak dijumpai bintang laut berwarna biru. Hati-hati, karena posisi terumbu karang yang dangkal, ombak laut akan dengan mudah menghempaskan kita menabrak terumbu karang. Bukan hanya badan yang tergores karang, tetapi terumbu karang akan juga mengalami kerusakan. 

Spot snorkeling Di Pulau Kelapa, Teluk Kiluan juga berada di dekat bibir pantai. Karena dekat ke pantai, itu, ada banyak orang-orang yang tidak begitu mahir bersnorkeling tanpa sengaja menginjaknya.

5. Sunset Teluk Kiluan 
Siapa dapat mengelak keindahan Pantai Teluk Kiluan Lampung. Keindahannya begitu melegenda, apalagi saat senja menjelang. Cobalah duduk di pinggiran pantai nikmati angin berhembus saat matahari mulai terbenam. Diiringi suara khas Pantai Teluk Kiluan, dijamin anda tak akan lupakan sensasi sunset yang luar biasa indah.  
Foto sunset di bawah ini di ambil dari depan penginapan kami , untuk selebihnya lihat DISINI

Jika anda ingin melihat Keindahan dan Keistimewaan Teluk Kiluan lainya silahkan anda muka Galeri dan Testimonial untuk meyakinkan anda betapa indahnya Teluk Kiluan sehingga anda berminat menghubungi kami untuk berkunjung ke Teluk Kiluan


http://www.wisatatelukkiluan.com/2014/08/tarif-booking.html

0 komentar :

Posting Komentar